Jenis Cat Rumah yang Sering Dijumpai

f:id:birulaut:20200417172452p:plain

Tahukah Anda bahwa ada banyak sekali jenis cat rumah yang kerap digunakan? Berikut ini adalah beberapa jenis cat rumah yang sering kita jumpai.

Jenis-Jenis Cat Rumah

  1. Cat polyurethane

Cat polyurethane juga sering disebut dengan cat PU. Karena memiliki kemampuan menahan panas dan bahan kimia, cat ini sering digunakan pada bangunan secara umum. Selain itu, cat ini juga kerap digunakan untuk finishing jenis glossy.

  1. Cat remover

Apakah Anda bosan dengan cat tembok yang lama dan ingin mengganti yang baru? Jika iya, maka Anda bisa menggunakan cat remover. Cat ini memang didesain untuk membuat cat yang lama menjadi mengelupas. Jadi, Anda tidak perlu mengamplas atau mengerik untuk menghilangkan cat sebelumnya.

  1. Cat wall sealer

Cat wall sealer kerap sering digunakan sebagai dasar dinding. Fungsi dari cat ini adalah menutup pori-pori pada permukaan. Dengan begitu, hasil pengecatan berikutnya akan menjadi lebih halus dan lebih mudah untuk dilakukan.

  1. Cat alkyd syntetic

Cat alkyd syntetic memiliki banyak kelebihan, antara lain kuat untuk segala jenis cuaca, memiliki durabilitas yang tinggi, bebas dari jamur, serta dapat dipulaskan pada berbagai bidang seperti besi atau kayu. Cat ini juga memiliki karakter mengkilap sehingga akan cantik ketika dipandang.

  1. Cat epoxy

Jenis cat berikutnya adalah cat epoxy. Fungsi dari cat ini adalah melindungi material bangunan agar tetap bertahan lama. Cat ini juga memiliki kandungan resin yang kuat. Terdapat tiga jenis epoxy yang digunakan pada cat ini, yakni lem epoxy, dempul epoxy, dan epoxy injection.

  1. Cat melamic

Cat melamic biasanya digunakan untuk mengecat berbagai eksterior rumah yang berbahan kayu. Fungsi dari cat ini adalah dapat memperhalus, meratakan, serta menjadikan kayu lebih tahan lama. Hasil dari cat ini cenderung berkarakter glossy sehingga lebih sedap untuk dipandang.

Setiap jenis tersebut tentu memiliki kelebihan dan kecocokan masing-masing dengan yang akan dicat. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan baik-baik setiap karakter di atas agar tepat dalam melakukan pengecatan. Jika Anda masih bingung memilih cat yang berkualitas, Anda bisa mencoba menggunakan Asian Paints yang sudah terbukti kualitasnya.